Rahasia Cepat dan Mudah: Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Ribet

Pelajari cara mudah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root, dengan langkah-langkah sederhana dan terperinci.
Rahasia Cepat dan Mudah: Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Ribet

Mengenali Aplikasi Bawaan Xiaomi

Sebelum membahas cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja aplikasi bawaan yang terdapat pada ponsel Xiaomi. Aplikasi bawaan Xiaomi adalah aplikasi yang sudah terpasang secara default pada ponsel Xiaomi saat pertama kali dibeli. Aplikasi-aplikasi ini biasanya dikembangkan oleh Xiaomi sendiri atau oleh mitra Xiaomi. Beberapa contoh aplikasi bawaan Xiaomi antara lain:

  • Mi Browser
  • Mi Video
  • Mi Music
  • Mi File Manager
  • Mi Notes
  • Mi Calendar
  • Mi Contacts
  • Mi Dialer
  • Mi Messaging
  • Mi Camera

Selain aplikasi-aplikasi tersebut, mungkin juga terdapat aplikasi bawaan Xiaomi lainnya yang terpasang pada ponsel Anda. Jumlah dan jenis aplikasi bawaan Xiaomi dapat bervariasi tergantung pada model ponsel dan versi MIUI yang digunakan.

Alasan Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin menghapus aplikasi bawaan Xiaomi. Beberapa alasan tersebut antara lain:

  • Untuk menghemat ruang penyimpanan
  • Untuk mempercepat kinerja ponsel
  • Untuk meningkatkan privasi
  • Untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa ponsel sesuai dengan keinginan pribadi
  • Untuk mengatasi masalah kompatibilitas

Namun, perlu dicatat bahwa menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dapat berdampak negatif pada kinerja ponsel. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, sebaiknya pertimbangkan dengan matang alasan-alasan yang melatarbelakangi keputusan tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Menggunakan ADB

Ada dua cara untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, yaitu menggunakan ADB (Android Debug Bridge) dan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pada bagian ini, kita akan membahas cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi menggunakan ADB.

  1. Unduh dan instal ADB di komputer Anda. Anda dapat mengunduh ADB dari situs web resmi Android Developers.
  2. Aktifkan USB Debugging pada ponsel Xiaomi Anda. Untuk mengaktifkan USB Debugging, buka Settings > Developer options > USB Debugging, lalu aktifkan sakelar USB Debugging.
  3. Hubungkan ponsel Xiaomi Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  4. Buka jendela Command Prompt atau Terminal di komputer Anda.
  5. Ketik perintah berikut pada jendela Command Prompt atau Terminal:
  6. adb shell pm uninstall -k --user 0 com.example.packagename
  7. Ganti com.example.packagename dengan nama paket aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin Anda hapus. Anda dapat menemukan nama paket aplikasi bawaan Xiaomi dengan membuka Settings > Apps, lalu ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus dan lihat nama paketnya di bagian bawah layar.
  8. Tekan Enter.
  9. Jika diminta, masukkan kata sandi atau pola kunci layar ponsel Xiaomi Anda.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin menggunakan ADB, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan Xiaomi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, salah satunya adalah Xiaomi ADB/Fastboot Tools.

  1. Unduh dan instal Xiaomi ADB/Fastboot Tools di komputer Anda. Anda dapat mengunduh Xiaomi ADB/Fastboot Tools dari situs web resmi Xiaomi.
  2. Aktifkan USB Debugging pada ponsel Xiaomi Anda. Untuk mengaktifkan USB Debugging, buka Settings > Developer options > USB Debugging, lalu aktifkan sakelar USB Debugging.
  3. Hubungkan ponsel Xiaomi Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  4. Jalankan Xiaomi ADB/Fastboot Tools di komputer Anda.
  5. Pilih opsi Uninstall System App.
  6. Pilih aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin Anda hapus, lalu klik tombol Uninstall.
  7. Jika diminta, masukkan kata sandi atau pola kunci layar ponsel Xiaomi Anda.

Catatan Penting

Sebelum menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, sebaiknya Anda membuat cadangan data penting terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya kehilangan data jika terjadi kesalahan saat proses penghapusan aplikasi bawaan Xiaomi.

Selain itu, perlu dicatat bahwa menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dapat berdampak negatif pada kinerja ponsel. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan dengan matang alasan-alasan yang melatarbelakangi keputusan untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.

Scroll to Top